-->

Mencegah lebih baik dari mengobati

Istilah ini sudah tidak asing tentunya, apalagi kalau anda bergelut di dunia kesehatan. Sedikit tentang kesehatan, manusia bisa sakit tentunya karena tubuhnya yang rusak atau bias jadi ada makhluk lain yang menjadi benalu dan merusak tubuh. Biasa disebut dengan virus. Dalam dunia biologi virus hampir tidak bisa disebut dengan makhluk hidup karena susunan tubuh virus yang sangat sederhana, kenapa bisa begitu? Aku sendiri tidak tahu. Kalau anda tertarik anda bisa cari sendiri, karena ini bukan tentang pelajaran biologi. Agar tidak terlalu bertele-tele meskipun sejak tadi sudah banyak tele-nya, kita langsung bahas topic utamanya.

Seperti virus biologi, dalam dunia digital juga terdapat aplikasi-aplikasi yang merusak yang disebut juga sebagai virus komputer. Mengenai arti dan lain sebagainya tentang virus digital ini kalian bisa mencarinya lewat paman google. Aku akan sedikit share tentang beberapa cara untuk mencegah terjangkitnya komputer tersayang oleh virus, setidaknya akan mengurangi kemungkinan terlular oleh virus.


Cara menularnya virus sangat beragaman, mulai dari cara yang sangat canggih sampai yang terkesan konyol. Terkadang virus masuk lewat celah-celah kesalahan dan konfigurasi sebuah aplikasi atau juga bisa dengan social engineering. Untuk mengatasi penyebaran virus lewat vulnerability sebuah aplikasi tidak ada yang lebih baik dari menunggu update atau anda perbaiki sendiri celahnya, atau mungkin anda mempunyai cara lain yang lebih canggih [maap, hal ini tidak akan dibahas di sini, ilmuku belum cukup]. Sedangkan salah satu teknik lain yang popular yaitu social engineering, teknik yang mengelabuhi user.


o [Autorun]


File inilah yang biasanya dipakai oleh virus untuk masuk ke komputer korban lewat koneksi flash disk atau media penyimpanan lainnya. untuk mengatasinya kalian bisa mematikan fungsi autorun pada windows [aku memakai XP].


· Masuk ke start menu > run


· Lalu ketikan “gpedit.msc”, akan muncul candela “Group Policy”.


· Setelah itu masuk ke Administrative templates > System, seperti pada gambar di bawah ini.


Free Image Hosting at www.ImageShack.us


QuickPost


· Masuk ke pilihan turn off autoplay lalu pilih enable all drive.


· Setelah itu masuk ke Windows exploler, masuk ke property Drive flash disk kamu, lalu pilih menu autoplay dan setting semua action ke “take no action”.


Karena file autorun berguna sebagai alat untuk menyebarnya virus maka dengan begitu kita akan mudah mendekteksi keberadaan virus di flash disk dengan melihat file autorunnya. Begini saja, kalau tidak paham langsung praktek saja.


· Siapakan gambar yang berekstensi ico [icon] dan simpan di flashdisk.


· Bukan notepad dan ketikkan


[autorun]


Label=[Label untuk flash disk]


Icon=namafile.ico


· Setelah itu save di flash disk dangan nama file autorun.inf


· Safe remove FD kamu. Sekarang coba masukan lagi FD kamu ke komputer, apa efeknya? Ya, icon flash disk akan berubah sesuai dengan gambar yang kamu masukan di setting autorun, dan labelnya juga ikut berubah kan?


Oke, sekarang kamu sudah melakukannya tapi kamu belum juga paham apa maksudnya. Begini, jika ada virus yang masuk ke FD kamu, tuh virus kan pasti akan ngereplace file autorun yang sudah kamu buat. Itu artinya jika kamu masukan Flash disk ke komputer tidak akan muncul sesuai setting yang kamu harapkan karena file autorunnya sudah terganti. Jadi mengerti kan? Mengapa kamu bisa tahu kalau di FD kamu ada virusnya.



o Autorun saja tidak akan cukup jika malah kamu sendiri yang mengeksekusi virus tersebut. Inilah yang sering disebut juga social engineering. Kalian tahu ekstensi kan? Itu lho yang selalu ada di akhir nama file setelah tanda titik. Di windows XP defaultnya ekstensi ini disembunyikan, alasannya sih katanya agar tidak bikin pusing orang awam. Untuk mengubah setting ini kalian bisa masuk ke “folder option”, pilih tab “view” lalu uncheck “Hide ekstensions for known file types”. Sekarang di belakang setiap nama file akan tertera ekstensinya masing masing. Dengan begini kalian akan dengan mudah mengetahui type sebuah file. Jika sudah begini, kalau kalian menemukan file dengan gambar folder tapi memiliki ekstensi “exe” jangan ragu untuk mendelete dan jangan sekali-kali di eksekusi. Jadi berhati-hati jika menemukan file yang memiliki gambar yang tidak sesuai dengan ekstensinya.



o Satu lagi. Sebuah tips agar mudah mengenali virus. Ubahlah Icon folder pada windows XP, juga icon-icon dengan type file lainnya. caranya masuk ke “folder option” di situ ada tab “file type”. Masuk situ dan pilih tipe file yang ingin dirubah iconnya, klik tombol advance, atau bisa gunakan software seperti “tune up utillty”. Dengan begitu jika ada virus yang menyamar sebagai folder akan lebih cepat ketahuan karena icon foldernya tidak sesuai dengan setting komputer kita.


Free Image Hosting at www.ImageShack.us


QuickPost


o Kemudian yang tak kalah penting adalah “hati-hati”, jangan sembarang klik atau mengunjungi situs-situs yang rawan jika kalian terkoneksi dengan internet. Jangan lupa update software-software yang kamu pakai. Gunakan antivirus yang terupdate, percuma kalau antivirus tersebut canggih tapi tidak pernah di update.


Demikian saja yang bisa aku share, selebihnya kalian bisa Tanya kepada yang lebih ahli. Bukan semat-mata pamer ilmu ato apa tapi keinginanku menjadi penulis mendorong aku untuk menulis apa saja yang muncul dibenakku. Jika ada tambahan silahkan di bagian komentar, maaf hanya bisa memberikan sedikit. Lain kali aku akan berusaha lebih keras lagi agar bisa berbagi. Terima kasih.

2 comments

  1. ohya.. satu lagi... di dunia ini tidak ada yang pasti, semua mungkin terjadi. jadi hal ini tidak akan menjamin kalo virus komputer tidak bisa mnyerang.. so, hati-hati dan update ilmu terus.. ok!

  2. duh.. keduluan si ibad
    maklum lagi males nulis neh...

    untuk xp home ed. ga ada yang namanya gpedit.msc, jadi untuk mematikan fingsi autoplay a.k.a autorun bisa via regedit. sudah banyak orang yang menulis tentang ini, tapi biar ga kemana-mana n sekalian nambahin popularitas blognya ibad saya kasih tau deh :D
    1.
    a. HIKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Exploerer
    b. Kemudian klik kanan pada string NoDriveTypeAutoRun
    c. Isi value data dengan ff
    d. klik ok
    2.
    a. HIKEY_USERS\.DEFAULT\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Exploerer.
    b. Kemudian klik kanan pada string NoDriveTypeAutoRun
    c. Isi value data dengan ff
    d. klik ok

    3. keluar dari regedit
    4. restart komputer

    kalo untuk xp prof. sebaiknya kedua cara kita (saya dan ibad) digabung.

    terus, jangan terlalu ngandelin antivirus, karena... seperti kata ibad, pembuat antivirus kadang suka meluakan social engineering