-->

Jalan-jalan ke bulan

Udah pernah ke luar Jakarta? pasti banyak yang sudah. Kalau ke luar jawa? pasti lebih dikit lagi. Sekarang yang sudah ke luar negeri cung? yakin, ga akan banyak yang ngacung. Sudah pernah ke luar planet? ke bulan misalnya. Yakin seratus persen gak ada yang ngacung, kalau ada mungkin dia ngelindur. Pingin pergi ke bulan? tanpa biaya mahal kalian bisa ke sana. Sebuah software open source akan mengajak anda jalan-jalan keliling tata surya. Suer, kalian bisa lihat bumi dari bulan. Bisa melihat planet merkurius dari matahari, matahari? iya, matahari kita yang panas itu yang rasanya tidak mungkin ada manusia yang mendarat di sana. Tapi dengan software ini kalian bisa dengan leluasa mendarat di tempat manapun di matahari, keren kan?

Sedikit uraian tentang fasilitas yang ada pada aplikasi ini, yang mungkin akan membuat kalian semakin ingin mengunduhnya.

"Stellarium is a free GPL software which renders realistic skies in real time with openGL. It is available for Linux/Unix, Windows and MacOSX. With Stellarium, you really see what you can see with your eyes, binoculars or a small telescope."

Itu deskripsi yang kudapat dari file README, kalian artikan sendiri ya? kwatir kalo kuartikan malah maknanya gak dapet. hehe.

kita kembali ke bahasan sebelumnya, fasilitas-fasilitas menarik yang ada pada aplikasi ini.

- realtime, kamu benar-benar akan melihat keadaan langit saat itu juga. waktu yang bisa di atur kecepatnnya membuat kita merasakan satu bulan dalam semenit.
- Lokasi yang bisa di atur sesukanya, kamu bisa mengatur lokasi tempat kamu melihat bintang-bintang di langit. Kamu bisa menyaksikan matahari di kutub yang hanya tenggelam sekali setahun, hehe.
- Ganti pemandangan, bukan hanya kondisi langit di tempat tersebut yang bisa dirubah. Pemandangan sekitar pun bisa diganti-ganti sesukanya.
- Merubah cara pandang video, mengganti cara pandang ke benda langit juga bisa di lakukan. Ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih, seperti cara pandang ikan, prespektif, atau silindris.
- Migrasi ke planet lain, kamu bisa berkunjung ke planet tetangga agar bisa melihat kondisi langitnya saat itu. cuma hal ini hanya bisa untuk planet-planet sekitar tata surya kira.
- Gugusan bintang, kalian bisa lihat gugusan-gugusan bintang berserta penggambarannya agar memudahkan imaginasi kita.
- Garis katulistiwa, untuk melihat keadaan langit di garis bujur dan lintang bumi kita tercinta.
- Garis langit juga bisa di perlihatkan untuk mengetahui di lokasi suatu planet.
- Informasi benda langit, ini juga bisa kalian ketahui dengan memilih benda langit tertentu. Informasi tentang jarak, koordinat dsb.

Bagaimana? tertarik? jika tidak tertarik maka jangan pernah mencoba untuk mengunduh aliah mendownloadnya di alamat ini.

sekian sedikti info yang semoga bisa bermanfaat untuk kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan di negeri kita dan umumnya seluruh dunia. terima kasih. ^^

Comments