-->

fiuh, akhirnya posting juga

sudah lamaaa sekali sejak posting terakhir.. bisa kalian lihat, terakhir tuh juga karena tugas dari bapak. akhir² ini memang sedang ada tambahan kesibukan selain kesibukan kuliah, jadwal menulis yang harusnya minimal seminggu sekali pun jadi terbengkalai. :(

dan akhirnya setelah berhasil memaksakan diri sendiri, akhirnya tulisan yang dipaksakan daripada blog kosong ini pun lahir. sudah hampir tiga pekan diriku sibuk di depan komputer, bukan karena noton film terbaru atau maen game. ada yang menarik dari sini. gonta ganti baju emang asyik, punya pakaian baru itu menyenangkan, jika sudah gitu biasanya akan sering dipake meskipun ga semuanya gitu.

ini cerita tentang komputerku yang kuganti bajunya, yang dulunya masih beselimut warna biru ketika booting dengan tulisan Windo*$, sekarang kembali berganti dengan ragam dan model OS yang open. bener-bener asyik memang klo sudah mengulak-alik sesuatu yang baru meskipun aku sudah kenal linux lumayan lama.

ceritanya neh gara-gara temen, "rih, klo linux itu gmn?" salah seorang temen yang mulai antusias linux bertanya, kujawab aja "bla..bla..bla..", terus bedanya ama win apa? begini, begitu dan seterusnya. gairah linux-ku mulai bangkit neh, yang dulu tertidur gara² g ada yang nemenin pake linux. tapi sekarang, ada satu lagi pengguna linux yang sebelum itu ada 2 temen kostan yang pake linux karena kuliahnya.

beberapa hari kemudian, ketika ada tugas yang berhubungan dengan internet, eh malah asyik nyari info buat linux :D, dan secara tidak sengaja malah beli cd dan dvd linux di juragan.kambing.ui.ac.id :D diriku yang kekurangan koleksi distro akhirnya malah mengeluarkan receh buat beli2 beberapa distro, hehehe.. semangatku mulai bangkit neh, semangat opensourceku bangkit lagi. beberapa distro yang kubeli adalah, pclinuxOS ME dan ubuntu ME karena kakak-ku request linux yang bisa buat nulis arab, makanya beli itu. sekalian aku juga ingin kok. lalu distro lainnya yaitu kuliax, distro untuk anak kuliahan. ringan sih, dan paket untuk kuliah juga manteb banget, cucok buat ku yang bergelut didunia informatika meskipun masih newbie. tapi sayang, drivernya ga ada, jadinya agak kurang nyaman klo lagi baca pdf ketika scroll down halaman.

sekali lagi, ini kayaknya aku lagi deman linux. bulan ini yang pinginnya beli HP pun ditunda bulan depan karena tersisih dengan kepentingan komputerku (dvd). ya, komputerku belum punya alat untuk membaca dvd, dan ditambah semangat linux (beberapa distro besar menggunakan dvd) aku lebih memilih untuk memakai handphone lamaku lebih lama lagi meskipun speakernya udah tidak layak pakai (jadinya g bisa nelpon ato ditelpon).

setelah amunisi mencukupi untuk merampok dvd di toko, aku segera pulang dengan hati berbunga-bunga. akhirnya punya dvd juga, hehehe.. dalam hati berkata begitu. setelah sampain dikostan dengan tidak sabar aku coba backup smua data yang ada di hardisk ke dvd, tapi aneh.. beberapa kali gagal.. aduh.. kok gak bisa ya? install nero yang disediakan oleh dvd write-nya pun juga masih gagal. aaargh.. ga bisa backup data neh. tapi tunggu, ada satu lagi yang mungkin bisa melakukannya. aku mulai me-reboot komputer tercinta dan mulai masuk ke sebuah OS yang berbeda. kuliax, distro yang khusus untuk anak kuliahan macamku ini. dengan doa di tangan, aku mulai membuka k3b, sebuah alat burning dari linux. moga bisa ya Allah. dengan mengucap bismillah, klik sini dan situ akhirnya proses bisa berjalan. aaargh. gagal! tunggu, ini dvd-r yang udah terwrite, jadinya g bisa jalan. aku ambil dvd lain yang spertinya belum terwrite karena gagal write di windo*s. bismillah lagi, smoga berhasil dan setelah itu semua berjalan dengan normal. ooh, jadi makin nyinta ama nih OS. :">

udah gitu, karena tidak sabaran. aku langsung install dan format bebeapa pasrtisi selain wiwin$. dvd dari info linux yang baru dibeli langsung dicoba untuk di install.. tapi karena tidak pikir panjang, akhirnya malah g bisa booting ke windows, itu karena windowsku di drive D: sedang dirive C: ku formta karena isinya data, seperti perkiraan ternyata wiwin$ menggunakan drive C: juga meskipun dia di install di D:

nyari-nyari cd xp, ga ketemu-ketemu. minjem ke temen, eh lupa ga kebawa. kayaknya ini memang kudu pake linux smuanya deh. heheh.. dengan nekat smua partisi di hapus, pus, pus. ga ada sisa lagi. dan sekarang sedang proses install beberapa distro yang kubutuhkan. hehehe.

4 comments

  1. hehe...mending pake linux...secure + halal, apalagi klo konek ke inet...tapi yah musti apdet terus...klo kebutuhan multimedia n game, saia blum menjagokan linux sih...

    skrg ini dah setahun kalih pake fedora...

    *hidup opensource*

  2. klo linux saya pernah pake zencafe 1.2 yang udah dimodifikasi sama om anjar. enak kok. coba aja.

  3. Assalamu'alaikum..
    Maaf sblumnya...
    Wahyu mau minta tolong nih..
    Ada tugas kuliah bikin game Tak Tik Tuk pakai Linux.. ( di Shell,Bash or Terminalnya itu)
    Gmn Nee...???
    Thenkyu!!!

  4. Sure love google, fine site.

    Will read up and hopefully have something to post.

    Have an excellent day.



    _____________________________________
    LocalAdLink