-->

Sang pemburu "ikan hias"

Hari ini rasanya tidak bersemangat, padahal hari libur atau mungkin justru itu yang bikin tak bersemengat. haaah,, sambil mengehela nafas seperti itu aku ketiduran saat nonton acara tivi dan terbangun siang hari.

Setelah makan siang ingin melakukan beberapa hal, tapi rasanya kurang begitu bersemangat. ah, aku putuskan mematikan komputer dan nonton tivi daripada tidur2an gak jelas. Ada yang menarik kali ini, sebuah acara televisi tentang kacamata kehidupan masyarakat Indonesia.

Sang pemburu, kali ini berjudul pemburu ikan hias. Melihat apa yang disampaikan, perjuangan mencari nafkah hanya untuk makan dan bertahan hidup. Mempertaruhkan nyawa untuk menyelam lebih dari 40 meter hanya dengan alat bantu kompresor udara yang biasa dipakai untuk mengisi angin pada ban.

Kenapa mereka mengambil resiko kematian seperti itu? mereka bilang untuk bisa makan dan bertahan hidup. MasyaAllah, mereka tidak punya pilihan lain. Ini satu bukti kurang pedulinya pemerintah dalam mensejahterakan rakyatnya. Padahal di kampanye-kampanye sering terdengar janji2 tentang kesejahteraan. tapi sebenarnya kesejahteraan siapa yang dimaksud?

Ada seorang ibu yang bilang, mereka terpaksa karena untuk makan dan sekolah anak. Lagi-lagi hal yang terjadi di negara kita yang kaya raya akan sumber daya. Sekolah yang diwajibkan pemerintah tapi masih banyak yang sanget kesulitan bersekolah karena tersandung biaya. Hal-hal yang bersifat wajib harusnya "tanpa biaya". Bagaimana mungkin bisa negara kita akan maju jika kondisi pendidikan yang susah direngkuh karena beban biaya.

melihat hal seperti itu, semangatku sedikit tumbuh lagi. Mereka berjuang kerasa hanya untuk bertahan hidup. Aku yang tak perlu bersusah mencari makan apa hanya akan berdiam diri saja. Berkata seperti itu dalam hati aku bangkit dan melangkah maju. Berusaha berbuat sebaik yang aku bisa dan peduli dengan lingkungan dan sesama.

Ramah dan Peduli kunci kemerataan ekonomi, semangat!

4 comments

  1. semangat terus ngeblognya...


    salam kenal.. tadi nggak snegaja liat di halaman dagdigdug. ada blog kamu... heheheheh

  2. ahaha, wah pantesan kayak pernah denger (baca) namanya..
    rupanya beberapa hari kemaren saya pernah blog walking ke blognya rohanisyawaliah...
    makasih dukunganya.. saya akan berusaha sekuat nafas, tulang dan aliran darah dalam daging tubuh ku..

  3. waw asekkkk ad teman dri komunitas yg sama...


    hehehe... oh prnh blog walking ke sana?

    saya tersanjung...

    uhuk uhuk!

  4. iya, soalnya pas ketik url di browser ternyata udah ada history webnya. pantes saja waktu baca namanya perasaaan pernah inget...
    hohoho,