-->

Ngupil aman nyaman dan elegan

Joni clingak-clinguk melihat sekeliling, sepertinya setiap orang sibuk dengan kegaitan masing-masing. Ini kesempatan emas bagi joni, dengan secepat kilat dia melangsungkan aksinya. Memasukan jarinya ke hidung, menjelajahi setiap sudut untuk mendapatkan benda yang sejak tadi membuatn gatal dan risih hidung joni.

Sedang asyik-asyik menikmati petualangnya tiba-tiba tina dan beberapa temannya keluar dari kelas. Segera dengan aksi kilat joni mencabut jarinya dari hidung. Tina hanya tersenyum ke joni dan dia membalasnya, beberapa teman tina terkikik kecil. Setelah mereka pergi lumayan jauh [baca:5-10 meter] joni kembali melanjutkan aksinya, sesaat setelah dia memasukan jarinya ke hidung tiba-tiba dia terkaget. "kemana perginya benda asing yang udah aku temuin tadi?". Dengan cuek dan masa bodo dia mengusap mulutnya. "hupft!", joni tertegun sebentar, dia merasakan di telapak tanganya seperti benda kecil menonjol. Ternyata benda itu ikut keluar saat joni terburu-buru mencabut jari dan tertempel di ujung bibir. Tiba-tiba pikiran joni teringat beberapa temen tina yang terkikik saat melihatnya. "ooh, tidaaak!!", joni langsung melompat dari jendela berusaha mengakhiri hidupnya karena sangat malunya. Tapi hal itu tidak akan terjadi karena nyali joni tidak sebesar itu, lagi pula dia berada di lantai dua dan membuat hal itu sia-sia.

Pengalaman dramatis ini bisa terjadi pada siapa saja. Bagaimana cara menghindari hal ini agar tidak terjadi, tentunya seandainya joni tahu tips "ngupil aman, nyaman dan elegan" hal itu tak akan pernah terjadi. Ngupil yang bahasa kerennya "pick o's nose" seperti kegiatan manusia lain untuk membersihkan diri. Layaknya mandi dan buang air, ngupil juga ada tata cara dan waktunya.


Basahi dengan air dahulu
untuk menghindari adanya luka saat ngupil, biasanya karena gesekan kuku tangan dan kulit hidung bagian dalam. Sangat disarankan untuk membasahi hidung bagian dalam dulu. Hirup air dengan hidung lalu semburkan lagi. Berhat-hati agar tidak sampai tersedak masuk ke tenggorokan. Atau bisa gunakan jari untuk membasahi hidung. Tapi cara ini kadang tidak bisa menjangkau bagian hidung yang agak dalam.
Pilih waktu yang tepat
Di saat sebelum mandi di pagi hari, jika sedang tidak mandi berarti pas cuci muka. Kalau saya sendiri setiap kali wudhu, inspirasinya adalah salah satu sunnah wudhu yaitu memasukan air ke hidung lalu menyemburkan lagi, seperti membasahi bagian dalam hidung.

Bersihkan sampai benar-benar bersih
Gunakan jari-jari untuk membersihkan hidung, karena dengan mengetahui tekstur bagian dalam hidung kita bisa tahu apa hidung kita sudah bersih atau belum

Ngupil terdesak
Jika suatu saat anda terdesak untuk berkebutuhan ngupil maka pertama-tama carilah kamar mandi. 
Jika tidak ketemu kamar mandi cari ruangan sepi. 
Tidak ada kamar mandi dan tempat sepi? Tahan saja, ato tutup dengan tangan satunya.

Tapi berdasar pengalaman saya, ketika kita rajin membersihkan hidung sampai bersih di pagi hari tidak akan ada kasus "ngupil terdesak" kok. Jadi kondisi ini akan terjadi jika kita lupa membersihkan hidung pagi hari.

*NB : Jangan membuang upil di sembarang tempat.

Meski sepele tapi berharap semoga bermanfaat.

Comments