-->

Post dari Google+ dan Blogger ke Facebook otomatis

Langsung aja to the point ke masalahnya. Untuk melakukan update status ketika posting dari blog atau google plus agar bisa otomatis juga terposting di facebook ada satu cara.

Ada sebuah aplikasi facebook yang menyediakan layanan update otomatis dari RSS web lain secara berkala, biasanya setengah jam sekali. Nama aplikasi http://apps.facebook.com/rssgraffiti.

Tidak tau RSS itu apa? oke akan saya jelaskan secara singkat. RSS (Really Simple Syndication/Rich Site Summary) yaitu sebuah halaman web yang berisi daftar informasi yang terupdate menurut urutan waktu informasi di publiskan, seperti Headline news, posting blog bahkan juga file-file Podcast (file audio dan video), semua file tersebut di format dalam sebuah program yang lazim disebut Feed Reader atau Aggregators. [1]

Masih bingung ya? baiklah, singkatnya RSS itu sebuah halaman web yang isinya hanya urutan artikel dari blog atau web, tanpa aksesoris apapun (yang biasa di temui di sebuah blog/website) yang berpotensi membuyarkan perhatian pembaca.

Udah tau tau tentang RSS kan? klo mau contohnya kalian bisa buka http://farieh.blogspot.com/feeds/posts/default. Itu lah yang disebut dengan RSS, ya semacam itulah mudahnya.

Terus apa gunanya? sebelumnya kita udah berkenalan dengan aplikasi rssgrafiti, aplikasi FB ini akan melakukan update jika ada update terbaru dari RSS blog yang sudah didaftarkan. Sudah mengerti kan sejauh ini, cukup dengan memasukan link RSS blog mu, maka setiap kali kalian update post di blog, maka secara otomatis  akan update juga di facebook melalui aplikasi rssgrafiti.

Nah, yang perlu diperhatikan adalah, tidak semua web atau blog menyediakan layanan RSS.Salah satunya google plus. Terus bagaimana bisa update ke facebook kalau situs terkait tidak menyediakan layanan RSS? Tenang, saya sudah siapkan solusi selanjutnya. Sebuah web yang menyediakan layanan RSS untuk web yang tidak menyediakan layanan RSS. Salah satunya http://plus-one-feed-generator.appspot.com yang dibuat khusus untuk google plus.

http://plus-one-feed-generator.appspot.com menyediakan layanan pembuatan RSS untuk akun google plus. Yah, dengan begitu kita bisa bersantai² update status dari google plus dan jeng jeng jeng, status kita udah nongol di facebook meski dengan durasi post setiap setengah jam sekali tergantung bagaimana kalian setting http://apps.facebook.com/rssgraffiti.


Selamat mencoba..!!!




Untuk yang GooglePlus, sekarang udah Not Work

2 comments

  1. nica info.. tar d coba.. :D

    1. sep,,, jadi updet status FB sama twitter juga..