-->

Diam itu emas (Aurum), bicara itu intan (Carbon)



Bicara mengenai emas dan intan sepertinya kita harus menengok ke table periodik. Membicarakan unsur yang paling menggiurkan di bumi ini, rasanya tak lengkap klo tak dibahas sifat-sifat unsur yang punya nomor atom 79 dan 6 ini.

Emas, unsur yang paling sulit bereaksi dengan unsur lain. Hampir tidak punya reaksi kimia dengan unsur lain.
Diam itu secara umum tidak menimbulkan reaksi oleh orang sekitar, adakah orang yang marah-marah ke mereka yang diam, ada tentunya tapi jarang. Orang cenderung akan diam ketika mengghadapi orang yang pendiam.

Lain lagi dengan Intan, material yang diketahui paling keras ini unsur penyusunya ternyata adalah Karbon (C).   Karbon memiliki sifat alotrop, itu artinya sususan partikel karbon akan memberikan dampak sifat unsur yang berbeda. Contoh mudahnya, grafit, bahan dasar pensil ini begitu lembut dan lunak. Bahkan dapat digunakan sebagai pelumas. Berbeda cerita dengan intan, meski sama-sama dari unsur karbon intan merupakan benda paling keras yang saat ini diketahui. 
Bicara itu seperti unsur karbon, ia bisa menjadi sangat keras, kuat, tajam dan menghujam seperti intan. Tapi juga bisa hanya berupa kata-kata yang sangat lembek tanpa makna dan cenderung sia-sia.

Kebalikan dari emas karbon memiliki sangat mudah bereaksi dengan unsur atom lain. Ada 10 juta jenis hasil senyawa dari reaksi kimia karbon.
Apa yang kita bicarakan akan menimbulkan berbagai macam reaksi oleh sekitar. Bermacam-macam reaksi yang bisa terjadi. Bisa saja reaksi itu baik, bisa juga tidak, karenanya perlu dipikirkan baik-baik kata yang akan keluar. 

Itulah sedikit hikmah yang dapat saya ambil dari dua unsur yang menopang kehidupan di bumi Allah SWT ini. Barangkali ada yang mau menambahkan tentang sifat emas dan karbon. Silahkan..

5 comments

  1. wah hebat kimia agan ini heheh
    salam gan karimalamin.blogspot.com

    1. aamiin,, cm nginget2 pas jaman SMA,, hehhee,,
      salam kenal juga gan,, :D

  2. waaaaaah rih bisa ya begitu hahahaa.. nice post banget nih..

    1. haha,, tengkyu2..

      moga berguna..

  3. Diam itu emas ketika hati Anda marah atau pahit